Cari Blog Ini

Jumat, 04 November 2011

ciri-ciri kanker otak


Sebelum memahami lebih lanjut tentang gejala kanker otak, Anda perlu memahami struktur otak manusia terlebih dahulu. Otak merupakan organ tubuh penting yang mengatur segala aktivitas / gerakan tubuh manusia. Bayangkan saja Anda sedang naik motor, ada berapa aktivitas yang Anda lakukan? Melihat jalan, menyetir, lihat kiri-kanan, lihat kaca spion, menyeimbangkan, belum lagi sambil mikir nanti malam mau makan apa... Dalam satu detik, ada riburan hal yang terjadi dalam otak Anda (baik yang terjadi secara sadar maupun tidak sadar).
Otak bisa multitasking begini karena semua aktivitas tersebut diatur oleh bagian otak yang berbeda (tiap bagian memiliki fungsi yang berbeda). Secara umum, otak manusia dibagi menjadi tiga bagian, yaitu otak besar (cerebrum), otak kecil (cerebellum) dan batang otak (brain stem). Tiap bagian ini terbagi lagi menjadi bagian yang lebih kecil, di mana masing-masing bagian kecil tersebut terbagi lagi, dan seterusnya. Ruang antar bagian terisi oleh cairan otak (cerebrospinal fluid), sedangkan bagian luarnya terlindungi oleh tiga lapis selaput otak (meninges) dan tulang tengkorak.


Nah, tiap bagian otak tersebut bisa terkena tumor/kanker. Walaupun tumor jinak, tapi karena tumbuhnya di otak, bisa menjadi sangat berbahaya. Tumor tersebut dapat mengganggu fungsi dan merusak struktur susunan saraf pusat, karena terletak di dalam rongga yang terbatas (rongga tengkorak). Seiring dengan berkembangnya tumor tersebut, jaringan otak akan semakin tertekan. Padahal volume rongga tengkorak sangat terbatas dan tidak mungkin bertambah besar. Inilah yang menjadikan sakit kepala / pusing sebagai gejala awal kanker otak.
Ciri-ciri awal kanker otak sangat bervariasi, tergantung pada bagian otak mana yang terserang. Misalnya kepala pusing atau terasa mual. Berikut gejala kanker otak yang patut Anda waspadai:
  • sakit kepala disertai mual sampai muntah yang menyemprot
  • daya penglihatan berkurang
  • penurunan kesadaran atau perubahan perilaku
  • gangguan berbicara
  • gangguan pendengaran
  • gangguan berjalan / keseimbangan tubuh
  • gangguan saraf
  • anggota gerak melemah atau kejang
  • pada bayi biasanya ubun-ubun besar menonjol
Ingat, daftar di atas hanya merupakan gejala. Walaupun Anda mengalami satu atau lebih gejala di atas, belum tentu Anda terkena kanker otak. Untuk memastikan, Anda harus diperiksa langsung oleh dokter ahli syaraf serta menjalani pemeriksaan lanjutan seperti CT scan, MRI, angiogram, myelogram, spinal tap dan biopsi.


Posted by Triyono A Hadi on 2011/04/11
0digg
Ada lebih dari 140 jenis tumor otak yang dapat terbentuk di otak. Tumor otak dapat diklasifikasikan menjadi primer dan metastasis, tergantung dimana munculnya tumor di tubuh. Tumor otak primer berasal dari otak dan jarang terjadi penyebaran keluar otak. Tumor metastasis berasal dari bagian tubuh lain dan menyebar ke otak melalui darah atau jaringan limfatik. Beberapa jenis kanker yang dapat menyebar ke otak adalah kanker payudara, kanker ginjal, melanoma dan kanker kulit.
Penyebab Kanker Otak
Kita tidak mengetahui secara pasti apa penyebab tumor otak, namun beberapa penelitian menunjukkan ada beberapa faktor resiko yang berperan dalam perkembangannya. Faktor resiko tersebut adalah:
  • Riwayat keluarga yang memiliki gangguan genetik seperti neurofibromatosis, tuberous sclerosis, penyakit Von Hippel-Lindau dan sindrom Li-Fraumeni.
  • Sistem pertahanan tubuh dan rentan (berhubungan dengan limfoma sistem saraf pusat dan orang yang terinfeksi AIDS)
  • Ada beberapa penyebab dan faktor resiko yang tidak terbukti dalam penelitian. Telpon selular dan konsumsi aspartam merupakan 2 hal yang sangat kontroversi yang dipercaya oleh beberapa orang dapat menyebabkan kanker otak.
Gejala Tumor Otak
Gejala tumor otak sangat tergantung pada lokasi dan ukuran tumor. Tingkat keparahan gejala yang muncul tidak menggambarkan ukuran tumor yang ada, karena tumor yang ukurannya kecil juga bisa mengakibatkan gejala yang berat juga.
Sakit kepala adalah gejala umum dari tumor otak, tapi biasanya disertai dengan gejala lain. Sakit kepala pada tumor otak memiliki karakteristik sendiri yang membedakannya dengan sakit kepala pada umumnya. Berbeda dengan apa yang orang percaya saat ini, sakit kepada bukanlah merupakan gejala awal yang dialami, sebenarnya merupakan ketegangan atau kelemahan otot yang sering terjadi pada gejala awal tumor otak.
Gejala tumor otak lainnya meliputi:
  • mual dan / atau muntah
  • gangguan pendengaran dan penglihatan
  • masalah dengan memori
  • lambat dalam proses berfikir
  • lemah pada satu sisi tubuh
  • kelelahan atau peningkatan frekuensi tidur
  • Perubahan kepribadian

Bagaimana Mendiagnosis Kanker Otak
Jika dokter mencurigai adanya tumor otak, salah satu langkah pertama untuk mendapatkan diagnosis yang akurat adalah melalui Magnetic Resonance Imaging (MRI). Tes pencitraan memberikan gambaran yang luar biasa dari otak dan hal ini sering satu-satunya tes yang dibutuhkan untuk mengidentifikasi kemungkinan adanya tumor otak. Dalam beberapa kasus, dapat digunakan CT scan. PET scan, yang membantu dokter melihat aktivitas otak, dapat membantu mendiagnosa kanker otak primer namun penggunaannya lebih pada kondisi metastasis.
Pada akhirnya, biopsy adalah ayng digunakan untuk menentukan keganasan dan jenis tumor otak. Jika tumor telah terdiagnosa dengan MRI dan jenis kanker tersebut memiliki sifat bermetastasis, maka biopsi mungkin tidak diperlukan. Namun, dengan jenis kanker yang tidak sering menyebar ke otak, biopsi merupakan alat diagnostik yang vital. Tumor otak primer adalah yang paling sering memerlukan biopsi.
Biopsi otak dapat dilakukan selama masa operasi. Jaringan sampel dapat diperiksa di ruang operasi, yang memungkinkan ahli bedah untuk membuat keputusan tentang apakah akan melanjutkan dengan pembedahan atau tidak. Evaluasi lebih luas dari spesimen tumor juga akan dilakukan oleh ahli patologi. Mungkin diperlukan waktu beberapa hari untuk mengetahui hasilnya.
Dalam beberapa kasus, biopsi tertutup, juga disebut biopsi stereotactic, dilakukan bila tumor terletak di wilayah otak yang sulit dijangkau. Ini adalah jenis biopsy yang paling tidak invasif, tetapi tidak memiliki risiko.
Pengobatan Tumor Otak
Tumor otak diterapi oleh sekelompok dokter yang professional dalam beberapa hal mereka merupakan sebuah tim yang terdiri dari berbagai macam spesialisasi.  Tim ini terdiri dari seorang ahli bedah saraf, ahli onkologi medis atau neuro-onkologi, onkologi radiasi, dan ahli patologi. Selain para dokter, biasanya perawat juga ikut berperan serta dalam tim ini.
Jenis tumor, lokasi, dan kelas akan menentukan rencana pengobatan. Perawatan kuratif adalah memungkin pada beberapa tumor, sedangkan memperlambat pertumbuhan atau hanya menghilangkan gejala-gejala yang parah mungkin juga merupakan tujuan pengobatan lainnya. Sayangnya, pada beberapa jenis tumor otak tidak ada program pengobatan yang direkomendasikan.
Pendekatan operasi dalam pengobatan tumor otak termasuk reseksi tumor (penghapusan lengkap) atau debulking (menghapus sebanyak mungkin). Dalam beberapa kasus, pembedahan mungkin merupakan satu-satunya metode pengobatan yang diperlukan, tetapi untuk kasus yang lain mungkin membutuhkan metode perawatan yang berbeda, seperti terapi radiasi. Pada banyak jenis kanker kombinasi antar operasi dan radiasi merupakan hal yang umum dilakukan. Ada beberapa jenis terapi radiasi digunakan untuk mengobati tumor otak. Sekali lagi, jenis tumor, kelas, dan lokasi adalah faktor kunci dalam menentukan jenis terapi yang terbaik.
Namun terapi radiasi juga memiliki risiko. Hal ini dapat merusak bagian dari otak, menyebabkan penurunan kognitif, seperti hilangnya memori dan kesulitan berkonsentrasi. Pembengkakan dapat menjadi efek samping, tetapi dapat dikontrol dengan kortikosteroid. Nekrosis radiasi juga bisa merupakan efek samping dari radiasi. Dalam istilah sederhana, ini adalah pembentukan jaringan otak iradiasi yang telah mati dan berkembang menjadi massa. Pembedahan mungkin diperlukan untuk mengangkat jaringan yang mati.
Kemoterapi dapat digunakan pada beberapa tumor yang diketahui dapat merespon kemoterapi dengan baik, seperti limfoma SSP, glioma, atau medullablastomas. Beberapa tumor stadium tinggi merespon dengan baik, tetapi tidak semua. Jadi, kemoterapi bisa diberikan pada pasien dengan tumor yang peka terhadap kemoterapi.
Terapi obat target seperti Avastin lebih tepat daripada beberapa obat kemoterapi dan sering pula efek samping yang dihasilkan lebih sedikit. Mekanisme kerja obat Avastin adalah dengan memotong pasokan darah ke tumor, mencegah pertumbuhan dan menyusutkan massa tumor. Tidak semua orang merespon Avastin, dan hal lain yang harus menjadi perhatian juga bahwa biaya pengobatan dengan pobat ini cukup mahal.

Tidak ada komentar: